Wawancara kerja
merupakan tahapan yang paling penting dalam mencari pekerjaan. Satu
kesalahan fatal saja bisa membuat Anda batal mendapatkan pekerjaan
impian. Ini beberapa kesalahan yang harus dihindari.
1. Panik dan memberikan jawaban terbata-bata
Inilah alasan Anda harus melakukan persiapan yang matang sebelum
wawancara kerja. Jika perlu lakukan simulasi dengan
pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan keluar dalam wawancara, sehingga
Anda tak grogi. Satu hal lagi kiat untuk menghindari kepanikan dan
jawaban terbata-bata adalah kejujuran. Jika yang Anda ungkapkan adalah
sebuah kejujuran, pasti akan mudah mengutarakannya. Jangan sampai Anda
dianggap tidak menguasai topik karena kegugupan Anda.
2. Hindari topik sensitif
Sering kali pihak pewawancara melakukan obrolan santai untuk membuat
suasana tak terlalu kaku. Untuk hal ini, lebih baik hindari topik-topik
yang sensitif seperti politik, dan SARA. Bisa jadi pihak yang Anda
sudutkan dalam topik obrolan tersebut memiliki hubungan dekat dengan si
pewawancara — sehingga berpengaruh terhadap penilaiannya. Lebih baik
pilih topik yang ringan juga netral.
3. Hindari bergosip
Hobi bergosip bisa menjadi alasan Anda ditolak dari pekerjaan impian.
Jadi jangan pernah mengajak orang yang mewawancara Anda untuk bergosip.
4. Sok tahu
Jika di saat wawancara saja Anda sudah dinilai sok tahu dan tidak mau
mendengarkan orang lain, jangan berharap Anda bisa diterima kerja.
Perusahaan umumnya menginginkan orang-orang yang bisa bekerja dalam
sebuah tim. Bukan orang sok pintar yang individualis. Jadi jangan pernah
bersikap sok tahu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar